Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Pengelolaan PAUD Di Era Industri 4.0

Di era saat ini atau era 4.0 banyak orang yang bilang perubahan apalagi, sehingga negeri ini disibukkan dengan perubahan dan perubahan. Senin, (11/11/2019).

Memang pada saat ini realitanya yang ada bahwa di era industri 4.0 kita harus lebih siap untuk menghadapinya. Semakin hebatnya perkembangan sosial media dan didukung dengan kuatnya jaringan internet yang ada.

“Pada Perkembangan ini negara kita Indonesia adalah salah satu aset sarana yang kuat dalam mengembangkan jaringan internet sehingga terbukti menjadi negara dengan urutan yang terdepan.” Ungkap Bpk Ervan Agus Munif (BP PAUD&DKMAS Prop. Jatim).

Dalam era ini ada dampak positif dan dampak negatif. Dampak positifnya, negara kita bisa berkembang secara pesat dan dampak negatifnya ialah pada dunia pendidikan terutamanya anak usia dini, karena di negara kita termasuk filter internet yang paling rendah sehingga semua informasi masuk tanpa tersaring.

Lalu, bagaimana peran yang dilakukan oleh guru untuk menghadapi revolusi sekarang? Caranya ialah semua kegiatan yang dioperasionalkan suatu sistem sehingga seorang pendidik harus punya “Skill in 21 century”

Skill in 21 century meliputi :

  1. Learning Skill (Berfikir kritis, kreatif, komunikasi, interaksi)
  2. Literacy Skill (Informasi, media, teknologi)
  3. Life Skill (Kepemimpinan, fleksibel, inisiatif, dan sosial)

“Jadi untuk menghadapi era saat ini, kita tidak perlu takut dengan perubahan. Karena perubahan selanjutnya akan membutuhkan manusia-manusia yang kuat, baik dalam moral maupun fisik sehingga dari sini kita harus bisa menjadi orang tua yang tangguh dan seorang pendidik yang cerdas” Ungkap Prof. Dr. Umi Dayati, M.Pd.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *