Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

MENARIK! TK ABABE PERINGATI ISRA MI’RAJ DENGAN BAKSOS & SAFARI DONGENG

Taman, Sidoarjo — Rajab merupakan bulan yang dikenal sebagai salah satu bulan penuh kemuliaan.

Di dalam bulan Rajab, tepatnya pada tanggal 27 Rajab, terdapat hari mulia dimana hari tersebut merupakan hari memperingatinya Isra Mi’raj. Kisah perjalanan Rasulullah shallallahu’alaihi wa sallam menuju lapisan demi lapisan langit.

Begitu banyak cara yang dilakukan oleh para umat Islam untuk menyambut hari mulia tersebut.

Bahkan tidak sedikit dari mereka yang tidak hanya menyambut, namun juga berupaya untuk kembali mengenang dan meneladaninya.

Hal itulah yang mendasari diadakannya kegiatan Bakti Sosial dan Safari Dongeng dalam rangka memperingati Isra Mi’raj di TK ABABE (TPA-KB-TK Aisyiyah Bebekan) pagi ini. Jum’at, (13/03).

“Nabi Muhammad shallallahu’alaihi wa sallam pernah naik ke atas langit, melakukan Isra Mi’raj. Dan semua itu Beliau (Nabi shallallahu’alaihi wa sallam) lakukan untuk mengumpulkan perintah demi perintah yang Allah Ta’ala berikan mengenai kewajiban dalam melaksanakan ibadah sholat,” sahut Zakaria Ahmad Effendi atau lebih dikenal dengan nama Kak Zaki. Perwakilan sekaligus pengisi materi dari Yatim Mandiri saat membuka dongengnya di depan 150 siswa-siswi TK ABABE.

Selain memberikan dongeng perjalanan Isra Mi’raj, Kak Zaki juga turut menyampaikan mengenai pentingnya penanaman konsep bahwa sholat harus dibiasakan sejak masih dini kepada siswa-siswi TK ABABE.

“Kalian (siswa-siswi TK ABABE) harus mulai ya belajar sholat tepat pada waktunya. Kenapa? Karena sholat itu adalah kewajiban bagi kita yang beragama Islam,” imbuh Kak Zaki.

Pun kegiatan yang diadakan bersama Yatim Mandiri ini memiliki tujuan untuk mengenalkan siswa-siswi TK ABABE tentang Isra Mi’raj.

“Sekalipun 27 Rajab 1441 H bertepatan nantinya di tanggal 22 Maret, namun hari ini TK ABABE sudah lebih dulu mengadakan kegiatan peringatan Isra Mi’raj. Hal ini bukan tanpa kebetulan, melainkan karena kami (ustadz dan ustadzah TK ABABE) berupaya untuk mengenalkan Isra Mi’raj kepada siswa-siswi lebih dulu,” terang Dahlia Rochamniah, S.Pd selaku Kepala Sekolah TK ABABE saat dihubungi.

Ia juga menuturkan, selain mengenalkan Isra Mi’raj pada siswa-siswi, kegiatan hari ini juga memiliki tujuan lain yakni bakti sosial guna memberikan pemahaman kepada siswa-siswi akan pentingnya berbagi sedekah dengan sesama yang membutuhkan.

“Siswa-siswi diajak untuk melakukan bakti sosial di sekitar sekolah, kami (ustadz dan ustadzah TK ABABE) tanamkan pola pikir positif tentang betapa penting dan mulianya berbagi kepada yang membutuhkan,” sahut Dahlia Rochmaniah, S.Pd.

Dahlia Rochmaniah, S.Pd sendiri memiliki harapan agar siswa-siswi TK ABABE dapat mengambil poin-poin positif dari kegiatan hari ini.

“Saya berharap siswa-siswi dapat mengerti apa itu hukum sholat, apa itu berbagi dan siapa itu Nabi Muhammad shallallahu’alaihi wa sallam. Sekaligus ya… pelan-pelan, belajar untuk meneladaninya,” ungkap Dahlia Rochmaniah, S.Pd

Tidak hanya itu saja, kegiatan Bakti Sosial dan Safari Dongeng bersama Yatim Mandiri yang turut dihadiri oleh 150 siswa-siswi TK ABABE sekaligus 20 ustadzah ini juga mengundang reaksi positif dari siswa-siswi TK ABABE.

Mereka mengaku senang karena diberi dongeng tentang Nabi Muhammad shallallahu’alaihi wa sallam. Bahkan diajak untuk melakukan bakti sosial di masyarakat sekitar sekolah.

“Dongengnya loh lucu. Aku sebenarnya sempat mengantuk, tapi waktu teman-temanku ketawa, aku ikutan ketawa juga. Soalnya dongeng tentang Nabi Muhammad ternyata lucu dan seru,” ujar Ardelia Raisya atau lebih akrab disapa Ica, salah satu siswi TK ABABE saat diwawancarai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *